Ayam Woku tanpa Kemangi



Masih penasaran dengan Ayam Woku. Jadi deh kita besoknya kita ke supermarket Asia di Clayton, agak jauh dari rumah. Kita dapat daun pandan. Memang masih belum ketemu daun kemangi tapi tanpa kemangi rasa ayam Woku ini enak kok.

Menurutku ayam Woku enak karena kaya akan rempah, pedes ada ada aroma daun pandannya. Saya pakai ayam filet, kalau pakai 1 ekor ayam, potong 16 supaya ayamnya cepat meresap dengan bumbu dan tidak butuh waktu lama tapi tergantung besar kecil ayamnya aja yah, disesuaikan lah. Bumbu sebaiknya jangan diblender terlalu halus, saya karena tidak punya lagi food processor, cuma saya potong2 halus aja. Akhirnya bisa juga makan Ayam Woku ala ala Jackie 😊.

Jackie | Balaclava


AYAM WOKU TANPA KEMANGI


1 ayam filet, potong2
6 helai daun jeruk (lebih banyak lebih enak supaya wangi)
1 buah tomat, potong2 (kalau kecil tambah jd 2 tomat)
2 lembar daun pandan, buang ujungnya. Potong2
1 lembar daun pandan, bagi 2. Ikat simpul
3 batang daun bawang, potong2
1 buah serei, keprek
1/2 buah lemon

Bumbu Halus:
4 buah cabe merah
2 buah cabe rawit
7 buah Bawang merah
3 buah Bawang putih
Sejempol jahe
1 sdt kunyit (sy cuma punya kunyit bubuk)
2 buah serei, potong kecil2


Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk. Masukkan extra serei yang di geprek. Masak hingga bumbu wangi dan mulai mengering. Tambahkan tomat yang sudah dipotong. Aduk rata.

Masukan potongan ayam. Campur hingga rata terbalut bumbu. Masak hingga ayam setengah matang. Tambahkan air hingga ayam terendam.Tambahakan gula, garam, merica. Masak hingga bumbu meresap pada ayam.

Tambahkan daun pandan yg dipotong2 dan yang diikat. Setelah air menyusut dan ayam matang, masukkan potongan daun bawang. Aduk rata dan koreksi rasanya. Terakhir sebelum diangkat tambahkan perasan lemon.

Sajikan segera dengan nasi. Yummmm!

Comments

Popular Posts