Pedesan Ayam

 

Jumat yang dingin. 

Saya memutuskan untuk membuat makan siang dengan lauk ayam yang pedes. Dua hari lalu kami sudah berbelanja bumbu masak jadi saya punya  cukup bahan  untuk membuat masakan Indonesia. 

Menurut saya makanan kita kaya akan bumbu-bumbu dan Sinyo mengajarkan supaya tidak takut memasak dengan bumbu yang banyak. Pedesan Ayam ini saya masak dengan kuah karena Sinyo suka makan berkuah sementara kalau saya senang yang kering. Mau berkuah atau kering, saya tetap nambah nasi loh. Enak sih.



Sementara memasak, saya dengar tlp berbunyi gak lama kemudian Sinyo bilang dia akan keluar untuk mengantar Meishia interview dan pulangnya seperti biasa mampir kerumah.  Saya masakin dia Spaghetti Bolognese. Simple dan cepat karena gak mungkin dia dikasih lauk ini bisa megap-megap kepedesan.

Semoga harimu hangat.
Jackie | Balaclava


PEDESAN AYAM

Ayam filet 250 gram, potong-potong
1 tomat ukuran besar, potong - potong
1 batang serai, keprek bagian putihnya
4 lembar daun jeruk
2 sdm kecap manis
1 batang serei, geprek ambil bagian putihnya
air secukupnya
garam, lada dan kaldu jamur secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu haluskan:
5 bawang putih
10 bawang merah*
10 cabe - saya cuma 5 sudah kepedesan
seruas lengkuas
4 buah kemiri
2 ruas kunyit
garam secukupnya

  1. haluskan bumbu halus, beri minyak supaya lebih mudah diblend.
  2. tumis sampai harum tambahkan daun jeruk dan sereh
  3. masukkan ayam, kecap, garam, lada dan kaldu jamur.
  4. masak kira-kira 10 menit sampai bumbu meresap. 
  5. tambahkan air,  aduk rata. Tutup hingga air menyusut. 
  6. Pedesan Ayam siap dinikmati. 

Comments

Popular Posts