Date Scones



Punya kurma cuma sedikit, butter juga cuma sedikit tapi bisa kok dibuat Scone. Kalian yang belum pernah tau gimana rasanya scone, yuk dicoba siapa tau suka. Scone rasa kurma ini (Date Scones) cuma pakai 1 cup terigu dan 25 gram butter saja. Dikit kan?

2 Hari yang lalu saya pergi ke supermarket mau beli butter tapi tidak ketemu satupun kebetulan ada petugas disitu dan saya bertanya kemana nih butter kok ngilang. Lagi krisis butter gitu katanya. Oh no..

Kalau basic scone yang lalu saya hanya 3 bahan saja kali ini berbeda. Saya pakai gula dan telur.

Tidak punya self raising flour? 
campur: 1 cup terigu + 1 ½ sdt baking powder + ¼ sdt garam.

Nanti kalau sudah jadi, scone diolesi mentega yah atau krim. Enak deh. Saya buat scones ini siang. Malam nya sudah habis. Sambil nulis gini, pasangan saya lagi makan nih disamping saya. 

Selamat malam dari Balaclava
Jackie.


DATE SCONES



1 cup tepung terigu self raising 
2 sdm gula
350 gram butter dingin, potong kubus kecil
1/2 cup kurma (80 gram) potong kecil
1 butir telur
100 ml susu cair


1. Panaskan oven Anda hingga 180 derajat celsius dan lapisi loyang dengan kertas roti. Saya kehabisan kertas roti jadi bakai mentega dan ditaburi terigu tipis. Campur telur dan susu di gelas. Sisihkan

2. Ayak tepung terigu ke dalam mangkuk besar. Tambahkan gula dan aduk hingga tercampur rata.

3. Masukkan potongan butter dingin ke mangkok terigu. Dengan menggunakan ujung jari campur butter dengan terigu hingga menjadi butiran halus dan tidak mengumpal.

4. Masukkan kurma ke mangkok terigu. Aduk rata.

5. Tuang campuran susu telur ke mangkok terigu (sisakan dikit untuk diolesi diatas scone). Dengan menggunakan pisau roti aduk perlahan-lahan sampai tercampur rata semuanya. Adonan akan sangaf lengkef.

6. Siapkan meja yang sudah ditaburi terigu. Tuang adonan Scone yang lengket. Beri terigu diatasnya. Dengan menggunakan tangan tepuk2 lembut jangan pakai rolling pin. Cukup ditepuk2 dan dibentuk. Siapkan cetakan bulat yang telah diolesi terigu supaya tidak lengket.

7. Cetak dan letakkan di loyang. Cetak semuanya sampai habis. Olesi bagian atasnya dengan sisa susu+telur. Panggang selama 15 menit terganfung oven Masing2. Dengan jari ketuk scone jika bunyi maka sudah matang.

Comments

Popular Posts