Perkedel Kentang


Ayooo siapa yang suka perkedel kentang?
Perkedel diadopsi dari Belanda, Frikadel yang artinya daging giling sebagai bahan utamanya yang dipadatkan dan digoreng.  Sementara di Indonesia, perkedel menggunakan kentang sebagai bahan utamanya. Saat ini, perkedel menjadi salah satu hidangan favorit bagi masyarakat Indonesia yang bisa dimakan kapan saja dari sarapan sampai makan malam. Saat masih tinggal di Bango, perkedel kentang sering dibuat almarhum ibu Tini, disajikan sebagai pendamping Soto Ayam atau Sup Kacang Merah. 

Saya sudah pernah membuat perkedel daging ditahun 2019, awal saya belajar memasak hehehe.. Perkedel Kentang dan Daging rasanya enak sekali, padat dan mengenyangkan. Kapan-kapan saya harus buat lagi.

Saya buat untuk makan malam semalam, gampang banget yah tapi saya tidak punya daun seledri, yah tidak apa2 rasanya tetap aja enak menurut saya. Dari 2 buah kentang ukuran besar, jadi 7 perkedel.

Jackie | Balaclava


PERKEDEL KENTANG
250 gram kentang
3 bawang putih
3 bawang merah
1 batang daun sledri
secukupnya lada bubuk dan garam
1 telur, pisahkan kuning dan putihnya

Cuci kupas kentang, potong2 dan goreng. angkat dan masukkan ke dalam food processor dan proses atau bisa ditumbuk/hancurkan manual saja
Goreng bawang merah dan bawang putih sampai layu dan wangi. angkat dan masukkan lagi ke food processor, haluskan.
Campurkan bawang ke adonan kentang. Tambahkan sledri, garam dan merica. Cicipi jika kurang garam. Masukkan kuning telur. aduk rata, bentuk bulat. Gulingkan di putih telur. Goreng sampai kekuningan. angkat.

Comments

Popular Posts