Oliebollen - Dutch Doughnuts


They are light, fluffy and perfectly crispy on the outside!

ROTI GORENG! 
Begitu saya menyebutnya. Sudah sekian lama saya ingin membuat roti goreng karena mengginggatkan saya akan tante Onci tapi baru terlaksana hari ini.

Saya ingat ketika umur saya sekitar 6 - 7 tahun, tante Onci yang tinggal bersama kami karena menjaga adik saya Andre, selalu mmbuat Roti Goreng untuk cemilan teman minum teh di sore hari. Belakangan setelah dewasa saya baru menyadari bahwa Roti Goreng itu adalah Olibollen berasal dari Belanda yang artinya Oil Balls. Oliebollen adalah cikal bakal doughnut tanpa bolong tengah. 

Sinyo pernah membelikan saya American Doughnuts saat kami di Queen Victoria Market. Jajanan ini sangat favorit karena banyak orang rela mengantri untuk donat kecil tanpa lubang yang bertabur gula halus. Sampai ada slogan... no trip to the Queen Victoria Market is complete without a visit to the American Doughnut Kitchen

Percayalah lebih puas kalau kita bikin sendiri, bahannya mudah dan buatnya juga gampang. Hanya perlu diperhatikan:
  • Susu. Pastikan susu memiliki suhu yang tepat karena menggunakan ragi. Ini harus sedikit hangat jangan panas karena akan mematikan ragi.
  • Jika ragi tidak menggelembung dan berukuran dua kali lipat, berarti ragi tidak aktif lagi. Resep ini tidak cocok untuk ragi yang sudah kadaluwarsa.
  • Adonan akan diistirahatkan sampai mengembang, kira selama 2 jam – bersabarlah.
  • Gak usah kaget jika adonannya sangat basah. 
  • Rendam 2 sendok teh di dalam mangkuk kecil berisi minyak untuk mempermudah mengambil dan membentuk  bola-bola adonan jadi gampang lepas saat masuk ke dalam minyak.
  • Masak dalam minyak sedang cenderung kecil dan pastikan sudah panas sebelum adonan dimasukan. 
  • Oliebollen yang saya buat ini polos tetapi jika suka bisa dicampur apel cincang, kismis, sultana, kismis bahkan manisan kulit bisa dicampur kedalam adonan. Masukan ke adonan sebelum dia mengembang.
Senang akhirnya saya bisa membuat roti goreng dan sinyo suka sampai makan berkali-kali. Buatanku tidak kalah sama Olibollen yang dijual di Victoria Market. 

Jackie | Balaclava 


OLIEBOLLEN 

250 grm tepung terigu 
1 sdt ragi instant
3 sdm gula pasir 
Sejumput garam
250 ml susu full cream hangat
1 butir telur
1/2 sdt vanila - saya tdk punya 

Topping:
Gula halus (haluskan dengan blender, tapi punya saya rusak hahaha)
Bubuk kayumanis


Dalam mangkok besar masukkan tepung terigu, gula, ragi, susu hangat, dan telur.  Campur rata semuanya.


Kemudian tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan diamkan sampai mengembang selama 2 jam.  



Panaskan minyak dalam pot. Celupkan dua sendok teh ke dalam minyak dan ambil adonan, bentuk bola kecil dengan sendok tersebut.



Goreng oliebollen selama sekitar 1-1,5 menit di setiap sisinya (total 2-3 menit), atau sampai berwarna cokelat keemasan. 


 
Ulangi sampai semua oliebollen digoreng. 


Taburi dengan gula halus dan bubuk kayumanis. Enak!


Note. Jika tidak habis simpan di kulkas. Ini adonan yang saya simpan di kulkas dalam tempat tertutup semalam dan saya goreng paginya. Mekar sempurn seperti kemar




Comments

Popular Posts