Ayam Suwir Kondangan


Hari ini cuaca 27°c, hari ke 4 musim gugur. Saya menghabiskan sepanjang pagi di kebun, beresin batang pohon yang dipotong dua minggu lalu tapi belum sempat dibuang.

Di Australia, penanggulangan sampah menjadi tanggung jawab setiap negara bagian. Jadwal pengambilan sampah diambil secara teratur dari rumah warga telah dibagi berdasarkan hari. Di daerah kami sampah diambil hari Selasa. Ada tiga macam tong sampah, yaitu untuk rubbish, recycle, dan hard rubbish, yaitu sampah-sampah organik dari tumbuh-tumbuhan, pohon, dan rumput. Besok giliran sampah hard rubbish yang diambil. Sampah disini diambil pakai truk dengan menggunakan mesin seperti robot gitu yang keluar dari bagian truknya utk mengangkat dan memasukkan sampahnya.

Nah setelah kerja sepanjang pagi, saya tidak punya extra energy untuk ke supermarket dan belanja. Masih ada filet ayam di freezer maka saya olah saja menjadi Ayam Suwir. 

Update: dalam 4 hari ini, saya sudah dua kali masak Ayam Suwir atas permintaan suami tercinta 🤩

Jackie | Bentleigh

AYAM SUWIR KONDANGAN

500 gram ayam filet
1 batang sereh
5 lembar daun jeruk
400 ml santan cair
kecap manis
saus teriyaki
5 jeruk limau

Bumbu:
10 btr bawang merah
3 siung bawang putih
1 cabe keriting meah
3 butir kemiri
seruas lengkuas
seruas jahe

Ayam cuci bersih, beri garam secukupnya. Goreng matang tapi tidak terlalu kering. Suwir kasar.
  1. Panaskan minyak secukupnya dalam wajan, goreng bumbu2. Tiriskan biarkan agak sedikit dingin lalu haluskan. Saya haluskan mengunakan blender.
  2. Tuangkan santan, bumbu halus, sereh, daun jeruk dan masak hingga mendidih. Masukkan ayam suwir, saus teriyaki dan kecap manis. Aduk rata, beri garam dan gula secukupnya. Koreksi rasanya, tambahkan saus teriyaki dan kecap manis lagi jika perlu.
  3. Masak sampai santan meresap. Saya senang yang agak kering, silahkan jika ingin agak basahan. Sebelum diangkat beri perasan jeruk limau. Sajikan.

Comments

Popular Posts