Bakwan Udang Dan Sayur


Hari ini Senin 11Maret, 4 dari 8 negara bagian di Australia yaitu Victoria, Tasmania,  South Australia,  Australian Capital Territory mengalami libur. Kalau kami di Victoria dgn ibu kota Melbourne hari ini libur Hari Buruh,  di Tasmania libur 8 hours Day, sementara di South Australia memperingati Adelaide cup. Dan di Australian Capital Territory dengan Canbera sebagai ibu kota negara Australia,  memperingati Canberra Day. Bersamaan dengan long weekend, mulai dari Jumat sampai puncaknya Senen ini, Melbournian (sebutan untuk masyarat Melbourne) mengadakan festival tahunan Moomba. Festival gratis terbesar di Australia.  Rencananya kita mau ke city melihat festival Moomba.

Sebelum pergi, saya setor dulu resep untuk minggu ini Bakwan Udang dan Sayur yang saya buat selama weekend. Kalau di Indo, saya suka beli bakwan sama mbak yang jual keliling dan mintanya bakwan yang  "gendut" banyak tepungnya ditengah dan garing dipinggirnya. Jadi saya coba2 buat bakwan seperti itu. Sayuran nya sengaja saya kasih banyak dengan udang utuh diatasnya. Sayurannya sudah dijual satu plastik yang isinya campuran ada kol putih, kol ungu, jagung, bayam dan wortel. Saya cuma nambah beli toge. Saya tidak mencetak bakwannya di sendok sup baru ditaruh di minyak panas yang katanya biar cakep. Saya sengaja goreng sembarangan biar berantakan dan sayurannya ikut kegoreng... crunchy tapi ndut ditengah hehehehe... Rahasia untuk gorengan crunchy adalah menganti air dengan air soda!

Jackie | Bentleigh 2019-0308


BAKWAN UDANG DAN SAYUR

  • Udang, buang kotoran dan ekornya
  • Kol putih dan ungu
  • Bayam
  • Jagung
  • Wortel
  • Toge
  • 7 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tepung beras
  • 2 bawang putih, tumbuk halus
  • 3 bawang merah, iris tipis
  • 2 batang daun bawang iris halus
  • 1 putih telur
  • Secukupnya air soda
  • Secukupnya garam, merica dan gula
  1. Siapkan bahan. Campur tepung, garam, merica dan gula. Tambahkan air. Masukkan bawang aduk supaya tercampur. Rasa, jika kurang tambahkan garam atau gula.
  2. Masukkan sayuran, aduk. Masukan putih telur, potongan udang, aduk hingga semua tercampur rata. Goreng dalam minyak panas, api sedang. Letakkan udang utuh diatasnya. Angkat, sajikan dengan sambal botol atau cabe rawit.

Comments

Popular Posts