Spiced Chicken Garlic and Honey


Hari pertama di bulan Maret. Iiiihhhh sudah masuk Maret aja yah, cepat banget waktu berlari. Menu lauk saya hari ini: Spiced Chicken Garlic and Honey. Ayamnya sudah saya diamkan benerapa waktu di kulkas, belum sempat dipanggang baru keingat hari ini aja deh. Pas cuaca lagi panas 37°c dan malas kemana2 jadi mengolah yang sudah tersedia aja dikulkas. Enak nih buat teman makan nasi nanti malam sambil nonton footy.

Kalau diresep aslinya menggunakan sayap ayam. Saya kurang suka makan sayap, jadi diganti dengan paha. Saya juga tidak punya saus barbeque. Tapi rasanya tetap enak.

Jackie | Bentleigh


SPICED CHICKEN GARLIC HONEY

10 buah sayap ayam (3 buah paha ayam ukuran besar)
Air jeruk nipis
2 siung bawang putih haluskan (saya 2sdt minced garlic)
8 sdm barbeque saus (saya tidak punya)
1 sdm extra hot chili sauce (saya sweet hot chili sauce)
1 sdt cabe bubuk
1 sdm kecap Inggris
1 sdm madu
1 sdt kecap manis (saya kecap manis pedas)
1 sdt saus tiram
secukupnya Gula dan garam
1/2 sdt black pepper

Cuci bersih ayam beri sedikit garam dan air jeruk. Aduk remas-remas sebentar. Diamkan 10 menit. Bilas dengan air. Tiriskan. Siapkan bumbu. Dalam wadah aduk jadi satu semua bahan. Cicipi. Koreksi rasanya. Jika sudah pas, masukkan ayam. Aduk rata ayam.

Simpan semalam dalam kulkas supaya bumbu meresap (saya sampai 2 hari 😃)

Panaskan oven. Susun ayam dalam tempat dan alasi almunium foil. Saya pakai tempat aluminum foil buat makaroni.

Panggang sayap ayam 1 sisi selama 30 menit kemudian balik dan olesi sisa bumbu. Panggang lagi sampai matang.

Comments

Popular Posts