Bolognese Pie


Tiba-tiba dihari yang panas ini, hari ketiga sinar matahari terik menyinari Melbourne, Sinyo minta dibuatkan Pie. Aduh panggang pie dihari yang panas adalah sesuatu yang sangat saya hindari karena akan membuat dalam rumah menjadi makin panas. Namun untuk orang terkasih saya akan wujudkan keingian dia. 

Saya pernah buat pie sebelumnya, namun kali ini saya browsing cara membuat pie dough dari Youtube dan menemukan cara yang baru pertama kali saya liat. Saya gak yakin dengan caranya yang meremas-remas butter seperti mainan saja. Saya baca komentar yang ada, scroll down again and again dan menemukan bahwa semua sangat suka dengan hasil pie dough, empuk dan buttery. Hmmm penasaran. Baiklah saya coba!

Untuk isiannya saya pakai sisa saus Bologneses dari Spaghetti yang saya buat 2 hari lalu dan masih menyisakan cukup banyak saus daging. 

Kalau punya sisa Bolognese Sauce, saya akan buat:
  1. Cottage pie. Tuang saus bolognese ke dalam piring tahan oven. Tutup atasnya dengan mashed potatoes, taburi dengan cheddar parut dan panggang selama 30 menit dengan suhu 180°C atau sampai bagian atasnya berwarna coklat keemasan.
  2. Pastel Panggang atau Pastel Tutup. Campur saus Bolognese dengan bihun, wortel, peas, buncis, telur rebus dan tutup dengan mashed potatoes. Taburi dengan cheddar parut dan panggang hingga bagian atas berwarna kekuningan. 
  3. Sandwich. Toast roti, olesi dengan saus Bolognese, kasih irisan tomat, beri garam, lada, cabe bubuk, keju lembaran dan tutup dengan roti. Panggang diatas teflon sebentar. 
  4. Bolognese Pie. Seperti yang saya buat saat ini. 

Making pies has never been easier! Use leftover Bolognese sauce to make these yummy mini pies. Harus percaya hahaha... kalau saya bisa maka kalian juga bisa!  Shortcrust pastry ini cocok untuk dibuat quiche, savoury tarts atau pie. Intinya remas-remas mentega dan jagan diuleni, cukup diremas kuat-kuat. Iya ya ya kedengarannya aneh ha hahaha tapi hasilnya memang mantap. Dengan cara ini cuma butuh waktu 15 menit dan dough sudah siap di-istirahatkan sebentar dalam kulkas. 

Jackie | Balaclava



BOLOGNESE PIE
Dough:
250 gram tepung terigu
sedikit garam
1 kuning telur
50 ml air
125 gram mentega dingin, potong kotak kecil

Mashed Potatoes:
kentang
mentega
susu
garam

DOUGH:
1. Siapkan dan bersihkan tempat untuk bekerja, saya menggunakan meja makan. Tuang terigu dan buat lubang ditengahnya, beri sejemput garam. 

2. Tuang kuning telur ditengah lubang, tambahkan air dan aduk kuning telur supaya menyatu dengan air. 

3. Tuang potongan mentega ditengah lubang. 

4. Ambil sedikit terigu, taburi diatasnya dan mulai meremas-remas buter dengan tangan. Mentega akan keluar dari jari-jari. Teruskan meremas dengan kecang. Ambil lagi sedikit terigu dan taburi di mentega, ulangi meremas. Lakukan sampai terigu habis dan mentega menyatu. Adonan tidak akan melekat lagi dijari. 

5. Ambil plastik dan bungkus dough. Istirihatkan dalam kulkas sekitar 30 menit.

6. Keluarkan dough dan siapkan  meja kerja, saya kembali mengunakan meja makan. Taburi dengan terigu dan tetakkan dough ditengah. Gilas dough dimulai dari tengah ke pinggir. Gilas sampai ketebalan yang diinginkan. Kalau suka pastry yang tipis dan reyah bisa gilas sampai tipis. Saya mengilas sampai ketebalan 1/8 inch. 


7. Letakan 1 lembar pastry yang telah digiling pada wadah tahan panas, tusuk-tusuk dengan garpu. Tuang isian saus Bolognese diatasnya dan tutup dengan mashed potatoes.

8. Panggang dengan suhu rendah sampai pastry matang dan mashed potatoes kekuningan. Keluarkan dari oven. Sajikan dalam keadaan hangat.


MASHED POTATOES:
Rebus kentang sampai empuk, buang air. Masukkan potongan mentega, menggunakan alat penghancur, hancurkan kentang dan mentega. 

Tuang susu cair, hancurkan lagi. Tuang lagi susu dan hancurkan hingga mendapatkan hasil akhir yang lembut. Beri garam dan aduk rata. 



Comments

Popular Posts