Butter Cookies


Yeah akhirnya hari yang ditunggu tiba, Sabtu karena Sinyo off, hari dimana kita bisa berlama-lama ditempat tidur. Pagi dihari ke tiga musim gugur ini kami bangun agak siang sekitar jam 7.30 pagi. Kalau kamu terbiasa bangun jam 5.20 pagi, bangun jam segitu rasanya sudah terlalu lama tidur hahaha... Kami menghabiskan pagi di tempat tidur, dengan menonton youtube di HP masing-masing, Sinyo meminum kopi pertamanya. Jam 11 saya bangun dan membuat sarapan, Nasi Goreng. 

Karena late breakfast jadi kita skip makan siang, biasanya memang begitu kalau weekend jadi kita makan lagi saat dinner. Diantara itu biasanya kita ngemil. Kali ini Sinyo minta dibuatkan Butter Cookie. Saya teringat dulu sekali saat masih tinggal di Bogor dan Robert  berumur 4 tahun, saya pernah membuat Butter Cookies dan menurut saya rasanya tidak kalah seperti Dennish Butter. 

Masih menggunakan resep yang sama, saya buat kukis ini.  Dengan 1 resep  bisa dihasilkan 2 jenis kue, yang pertama pakai selai bisa diisi selai apa saja, kali ini saya pakai selai rashberry yang baru saya beli kemarin di Woolish. Cara berikutnya bisa dimasukkan dulu di kulkas kemudian diiris lalu baru dipanggang. Saya buat keduanya. 

Seperti biasa saya cuma campur-campur saja mengunakan spatula karena saya tidak punya hand mixer dan sejauh ini tidak ada keinginan untuk membelinya. Saya cukup bahagia dan senang dengan hasil kue buatan saya walau hanya menggunakan spatula atau sendok kayu untuk mengaduknya. 

NOTE.
  1. Self-rising flour bisa dibuat dengan cara:  Campur 250 terigu dengan 2 sdt baking powder. Kalau tidak mau pakai baking powder juga bisa banget nantinya akan jadi seperti nastar karena tidak mengembang. 
  2. Tidak punya Icing sugar? bisa dibuat dengan membender gula sampai halus. 
  3. Saya selalu pakai salted butter jadi tidak lagi menambahkan garam namun kalau pakai unsalted butter bisa menambahkan sedikit garam. Resep ini harus pakai butter/mentega jangan pakai margarine yah karena yang membuat enak adalah rasa dari menteganya. 
  4. Saya pakai ukuran skop ice cream walau mengunakan ukuran paling kecil tapi hasil akhirnya kue menjadi mengembang dan besar. Jika suka kue yang mungil bisa ditakar pakai ukuran sendok teh atau sesuka yang diinginkan. 
Sejam kemudian wangi mentega merebak keseisi ruangan rasanya seperti di toko kue. Kue masih panas keluar dari oven, Sinyo sudah tidak sabar memakannya dan menghabiskan 3 cookies. Wah! 

This easy, one-bowl, no-mixer recipe really does produce the best Butter Cookies I've ever tasted. They're buttery and crinkly with crisp edges. A simple, classic Butter Cookies that’s quick and easy to make.

Jika ingin resep dalam bahasa Indonesia, saya akan terjemahkan. 

Happy Weekend!
Jackie | Balaclava




BUTTER COOKIES 
200 grams butter -  soft, room temperature
90 grams icing sugar
1 egg- room temperature
1 tsp vanilla - optimal
250 grams self-rising flour (250 all-purpose flours + 2 tsp baking powder)
Jam - optimal
a pinch of salt if you don't use salted butter


In to a bowl add in the softened butter and the sugar and whisk them together until nice and smooth. Add the egg and mix well. Add the flour and vanilla to the creamed mixture and mix just until incorporated. 

You can make two types of cookies:

1. If you want to put jam on top, do this:
Using a small ice cream scoop, scoop out the mixture and place it on the tray, spacing them apart.

Make a hole in the top of the cookie. fill with jam. 


Preheat oven to 170 degrees C. Bake the cookies for about 10-15 minutes, or until the edges of the cookies are golden brown. Remove from oven and place on a wire rack to cool. 



2.. If you want a cookies bar, do this:
Divide the dough in half and shape each half into a log. Wrap each log in plastic wrap and place in the refrigerator until firm at least two hours or preferably overnight or you can freeze the unbaked logs longer for up to two months.

Once the log is firm, with a sharp knife, slice cookies about 5 cm thick. Place the cookies on the baking sheet, spacing them apart. 

Preheat oven to 170 degrees C. Bake the cookies for about 10-15 minutes, or until the edges of the cookies are golden brown. Remove from oven and place on a wire rack to cool. 

Comments

Popular Posts