Roti Manis Kampung


Saya beruntung tinggal dilingkungan dimana wangi roti dan kopi tercium disetiap pojok jalan. Roti menjadi salah satu makanan yang paling mudah ditemukan. Meskipun merupakan makanan umum, tetapi setiap daerah punya jenis roti dengan ciri khasnya masing-masing, tak terkecuali roti khas Indonesia.

Indonesia punya beberapa jenis roti jadul yang sering disebut sebagai roti kampung. Tukang roti lewat tiap sore membawa roti hangat yang belum lama keluar dari oven. Roti yang dijual pagi biasanya sisa dari roti yang tidak laku disore hari.

Saya besar dengan makan roti kampung yang berat karena sekali makan langsung kenyang, hemat jadi tidak pakai nambah lagi. Roti yang lembut seperti kapas belum ada dimasa kecil saya sekitar tahun 1980an.


Ini adalah pertama kalinya saya buat roti manis disini, dulu saat tinggal di Bogor saya pernah buat roti kornet dan lumayan enak. Kapan-kapan saya harus buat untuk mengenang masa itu saat Robert masih umur 2 tahun.

Roti Manis yang saya buat ini tanpa pelembut dan bahan aneh-aneh makanya saya bilang ini roti jadul - roti kampung. Sebagai isian-nya saya mengunakan kelapa unti, saya kebahisan selai jadi pakai unti saja. Membuat rotinya juga gampang cuma dimasukkan semua bahan dan aduk sampai tercampur dan diamkan hingga mengembang. Uleni, bagi adonana dan kasih bahan isian, biarkan mengembang lagi kemudian di panggang dan jadi deh!
 

Saya buat roti ini Sabtu sore untuk dimakan malam setelah dinner.  Minggu pagi masih ada sisanya, kita makan untuk sarapan  dan masih empuk. Sinyo menambahkan mentega, ahhhh kamu kelamaan tinggal disini, kita di Depok langsung makan begitu saja hahaha...

Jackie | Balaclava 

ROTI MANIS KAMPUNG 
250 gram terigu
sejumput garam
1 telur
30 gram gula
30 gram ragi
150 gram minyak goreng 
170 ml susu
20 gram susu bubuk

Dalam wadah cukup besar masukkan:  terigu, garam, 

Comments

Popular Posts