Pempek DOS Chef Chelwie

 


Saya sudah pernah buat Pempek sebelumnya dan cukup puas dengan hasilnya. Saya kalau sudah punya reaep yang cocok akan stick ke resep itu gak akan cari resep lain sejenisnya. Namun beberapa hari lalu saya liat reelsnya chef Chelwie di Instagram dan saya ngiler melihat caranya makan pempek keliatannya enak bener hahaha mengoda untuk dicoba. Saya pikir gak ada salahnya deh! Saya beli tepung tapioka dan mulai membuatnya. Saya buat beberapa perubahan disesuaikan bahan yang saya punya:

1. Saya tidak pakai bawang merah untuk biangnya hanya bawang putih saja 😀

2. Saus cuko karena gak punya cabe hijau, saya pakai cabe merah. Menurut saya yang merantau dan kangen pempek2 rasanya tetap enak. 

3. Cukanya saya pakai cuka apple, simple karena cuma itu yang saya punya 😍

Setelah direbus saya sedikit pesimis dengan hasilnya karena sedikt lengket, saya bayangkan pasti gak garing saat digoreng nanti. But you know what??? ENAK, garing tapi empuk didalam! Kuah cuko nya juga mantap! Happy deh,  Bikin lagi ahhhh.....

Jackie | Balaclava


PEMPEK 

Biang:
3 bh Bawang Merah - saya tidak pakai
4 bh Bawang Putih
1 sdt garam 
1 sdm kaldu bubuk
3 sdm kecap ikan
400ml air
140 gr tepung beras

1 btr telur
300 gr tepung tapioka 

Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, kaldu bubuk.  Isi air di pot, nyalakan kompor dengan api kecil saja dan masukkan bumbu halus, garam, kaldu  bubuk, kecap ikan dan tepung beras. Harus diaduk  rata supaya tidak menggerindil hingga air nya habis. 

Matikan api lalu masukkan telur. Aduk rata. Masukan tepung tapioka aduk dengan sendok kayu kemudian lanjutkan  uleni dengan tangan hingga kalis. 

Jangan lupa olesi tangan dengan sedikit minyak supaya tidak lengket. Bentuk memanjang menjadi lenjer atau bentuk kapal selam dan isi dengan telur kocok lepas. Sisihkan. Siapkan air dan rebus hingga mendidih

Setelah mendidih, masukkan pempek lenjer dan masak hingga mengapung kurang lebih 15menit. Untuk kapal selam direbus agak lama. Sekitar 25 menit hingga mengapung. Angkat tiriskan. Biarkan dingin baru digoreng dengan api sedang cenderung besar. Siap disajikan bersama kuah cuko dan pelengkap lainnya 

Cuko:
4 bh bawang putih
3 bh rawit hijau - saya cabe merah
80 gr gula merah 
1 sdm gula pasir 
1 sdt garam - saya 1 sdt kaldu jamur 
1 sdm cuka makan - saya cuka appel
400 ml air

Haluskan bawang putih dan cabe. 
Siapkan pot, beri air, bumbu halus dan bahan lainnya. Masak hingga gula merah larut. Angkat dan saring. 

Comments

Popular Posts