Telur Ceplok Pontianak



Nasi telur ceplok adalah makanan yang biasa kita makan dirumah saat sarapan, makan siang atau makan malam. Saya kaget karena makanan ini beberapa waktu lalu pernah viral setelah Youtuber membuat konten mengenai rumah makan Tionghoa di jalan Gajahmada Pontianak, Kalimantan Barat yang menjual hidangan ini dan dikenal sebagai Nasi Telur Pontianak. 

Seperti apa sih Nasi Telur Ceplok Pontianak yang terkenal itu apa sama seperti Telur Kecap yang selalu saya buat? Saya browsing dan menemukan berbagai resep namun umunya bahan yang diperlukan adalah telur ayam, bawang putih, kecap asin dan ditaburi daun bawang.  

Ok mari kita buat! Sinyo suka telur setengah matang sementara saya suka yang matang, maka saat memasaknya saya siram kuning telur dengan minyak panas biar masak. Saya pakai kecap manis juga selain kecap asin, saus tiram dan minyak wijen biar wangi, Lalu saya kasih air agak banyakan karena saya tuang di telur yang sementara dimasak jadi telurnya bisa lebih matang khususnya yang untukku 😁. 

Ternyata rasanya enak. Kami suka!
Jackie | Balaclava

TELUR CEPLOK

5 siung bawang putih, cincang 
2 buah cabai merah, cincang 
1 batang daun bawang pisahkan putih dan hijaunya, cincang 
1 sdt cabai bubuk 

Campur dalam mangkok: 
1 sdm minyak wijen 
1 sdm saus tiram  
1 sdm kecap asin  
5 sdm air 
kaldu bubuk secukupnya

Tumis sebentar saja bawang putih, cabai merah dan bagian putih daun bawang. Ceplok 2 telur diatas bumbu yang sedang ditumis. Siram kuning telur dengan minyak yang ada di pan supaya lekas masak. 

Tuang mangkok berisi campuran ke dalam pan, Siram-siram telurnya supaya tercampur kuah, tutup pan dan masak hingga telur matang sesuai yang diinginkan. Gunakan api sedang cenderung kecil saja. 



Taburi daun bawang bagian hijau. Matikan api dan tuang diatas nasi. 

Comments

Popular Posts