Banana Oatmeal Chocolate Cake



Lagi-lagi Sinyo gak sempat makan bubur oat nya pagi ini dan keburu dingin. Bikin kue aja, katanya. Baiklah saya akan buatkan Banana Oat Chocolate Cake. Saya pakai resep BANANA OATMEAL CAKE tapi ditambahkan coklat karena ada banyak banyak coklat di kulkas. 

Seminggu lalu kita jalan-jalan ke DFO, ini adalah tempat barang-barang branded dengan harga murah namun bukannya beli baju kita malah beli coklat. Uniknya ada pilihan  beli coklat yang ditawarkan yaitu 3 ukuran box: large, medium dan small. Macam-macam rasa coklat bisa dipilih dan harus diisi sepenuh-penuhnya yang bisa dimuat di box. Kami memilih ukuran besar $60 dan mengisi sampai coklat membungbung tinggi sekali kita sumpelin di boxnya, gak masalah yang pengting bisa ketutup dan ketika ditimbang beratnya 1,4kg. Jauh lebih murah daripada beli di supermarket. Tiap malam kami makan coklat sebelum tidur.  Saya akan pakai rasa white choclate untuk kue oat ini karena ternyata terlalu manis, buat batuk ditengorokan. 

Karena pakai coklat maka ukuran gula saya kurangi jadi 1/4 cup saja. Kejadian saya membuat kue ini, bubur oatmeal yang dibuat pagi hari baru saya bikin kue di malam hari jadi bubur menjadi kering, terpaksa saya tambahkan sedikit susu sekitar 1/4 cup supaya kue agak encer. Seharusnya ini tidak terjadi kalau bubur langsung digunakan setelah suhunya gak panas lagi. 

Setelah makan malam aku kasih Banana Oatmeal Chocolate Cake. Enak kata Sinyo 😍

Jackie | Balaclava




BANANA OATMEAL CHOCOLATE CAKE

Bahan Bubur:
1 cup oat
air
susu

Bahan Kering:
1 cup terigu
1/4 - 1/2 cup gula - tergantung pisang, pisang matang lebih manis jadi gula bisa lebih sedikit
1 1/2 sdt baking powder
1 sdm kayumanis atau bumbu spekuk
sedikit garam

Bahan Basah:
100 gram butter, lelehkan
2 buah pisang matang, haluskan
1 butir telur

  1. Panaskan oven 175°
  2. Bubur OAT: dalam pot, masukkan oat dan beri air sedikit lebih tinggi dari oat. Masak dengan api kecil sekali sambil diaduk-aduk karena airnya tidak banyak jadi cepat kering. Setelah sedikit mengering tambahkan susu sama seperti air asal tergenang saja. Masak kembali dengan api kecil sambil diaduk. Matikan kompir jika oat sudah lembut seperti bubur dan susu sudah tercampur rata. Sisihkan. 
  3. Siapkan loyang loaf yang telah diolesi mentega dan ditaburi terigu tipis. Sisihkan
  4. Campur bahan kering aduk rata. 
  5. Masukkan bahan basah. Aduk sampai tercampur tapi jangan berlebihan asal sudah sudah tercampur saja. Kalau berlebihan akan bantet kuenya.
  6. Tuang ke loyang dan panggang sampai kue matang.

Comments

Popular Posts