Meatballs in Tomatoes Sauce


Hari ini kami di Victoria libur long weekend karena besok malam adalah 2023 AFL grand final Collingwood against Brisbane. Siaran di TV mengabarkan bahwa city penuh orang karena ada parade dari 2 team menjelang pertandingan besok di MSG. Saya kurang semangat karena tim kesayangan Melbourne tidak lolos dikalahkan tim nya Sinyo, Carlton hanya dengan 1 poin saja. Ngeselin memang. Tapi akhirnya Carlton juga kalah melawan Brisbane sehingga membuat tim itu masuk grand final melawan Magpie besok. Perjalan panjang 6 bulan akan berakhir besok malam, saya berharap yang menang Brisbane. 

Kami tidak kemana-mana cuma santai di kamar dan makam yang simple aja seperti pagi nasi goreng dan siangnya Sinyo minta dibuatkan Spaghetti.  Sementara saya ngabisin Meatballs yang saya buat untuk dinner semalam. 


Meatballs ini adalah alternative jika bosan dengan saus daging untuk pasta. Memang buat Meatballs butuh waktu ekstra karena bulat2in lalu memanggang baru setelah itu dicampur dengan saus. Kali ini saya pakai saus tomat tapi bisa juga memakai saus Bolognese yang siap pakai.  Saya pakai roti gandum tapi bisa pakai roti tawar jangan lupa buang pinggirannya. Roti dicabik kecil-kecil jadi gampang halus dan menyatu dengan daging. Saya juga pakai roti saat buat daging burger. 

PASTA. Berbeda dengan yang lain jika mengolah pasta yang biasanya direbus lalu dicampur saus,  kalau saya pastanya setelah direbus akan ditumis dengan bawang putih supaya lebih gurih. Biasanya  saya kasih keju parmesan juga cuma kali ini saya gak punya persediaan. Cara masak sepetti ini saya dapat dari seorang teman di ISB - Yanti. Anak-anak yang ikut catering paling suka kalau dia masak pasta karena enak dan ternyata karena ditumis lagi pakai parmesan yang banyak. 

Jackie | Balaclava 


PASTA AND MEATBALLS IN TOMATOES SAUCE 

250 gram Daging cincang 
2 - 3 roti tawar, cabik-cabik
Susu 
1 telur
3 bawang putih  haluskan
Lada, pala, kaldu jamur secukupnya 
Garam secukupnya - saya tidak pakai
Pasta sauce / Bolognese sauce 
Tomato paste
1-2 cabe, iris halus - jika suka pedes bisa ditambah
Oregano bubuk
Basil - saya basil bubuk 
Pasta - spaghetti atau pasta jenis lainnya


  1. Masukkan semua bahan daging cincang, potongan roti, telur, bawang putih halus, lada, pala, kaldu jamur dan garam jika suka. Campur/aduk. And 
  2. Masukkan susu sedikit demi sedikit disesuaikan jangan terlalu encer. Daging harus bisa dibentuk bulat. Jika keenceran bisa ditambah roti. 
  3. Bentuk bulat, ukuran terserah. 
  4. Nyalakan pan beri sedikit minyak. Panggang bola daging sampai berwarna coklat, mengering dan matang, balik sisi sebelah sampai semuanya berwarna coklat. Angkat. 
  5. Di wajan sisa memanggang masukkan saus pasta atau Bolognese sauce, tomato paste dan air. Beri irisan cabe, kaldu jamur, oregano dan garam (jika suka). Koreksi rasanya. Masak hingga mendidih.
  6. Masukkan bola daging, aduk rata. Taburi basil. 

Pasta.
  1. Rebus pasta sesuai kemasan. Angkat dan saring Ambil sedikit air rebusannya kira2 100ml
  2. Panaskan pan. Tunis bawang putih, masukkan pasta, beri kaldu bubuk dan garam jika suka. Aduk rata.  Beri air rebusan pasta sedikit
  3.  Aduk rata masak hingga pasta tercampur bumbu dan beri keju parmesan. Aduk dan angkat. Sajikan dengan saus pastam 

Comments

Popular Posts