Mozz Tofu


Biasanya saya yang memutuskan masakan yang akan dimasak, kalau bertanya pada Sinyo, dia suka kasih ide yang spektakuler seakan-akan saya jago nya masak. Seperti malam ini dia minta Mapo Tofu setelah saya bilang  di kulkas ada tahu. Sinyo suka sekali tahu mau diapain juga dia suka. 

Ok no worries! Langsung browsing resep ternyata ada beberapa bahan yang tidak punya. Baiklah kita buat Mapo Tofu ala saya. Keluarkan semua bumbu yang ada, blend biar cepat, potong tahu dan bahan lainnya. Saya sangat jarang masak kasih garam kalau pakai kecap asin dan kaldu jamur, menurut saya sudah cukup asin. Nasi sudah hampir tanak maka saatnya memasak. 15 menit kemudian saya sudah memanggil Sinyo. Dinner is ready darling!!

Not Bad! 

Kalau dia bilang not bad itu artinya enak. 
Saya gak mau kasih nama Mapo Tofu bisa diprotes sama orang yang pernah coba, karena beda jadi saya kasih nama Mozz Tofu aja yah. 

Jackie | Balaclava

MOZZ TOFU

2 - 3 potong tahu putih, potong kotak-kotak
1 ruas jahe
1 ruas galanga, parut 
2 cabe merah
2 cabe bakar kering. iris-iris
1/2 bawang bombay
3 bawang putih
kecap asin
air kaldu ayam
kaldu jamur
1 sdt maizena, cairkan dengan sedikit air
daun bawang, iris halus

  1. blend kasar jahe, cabe merah, bawang bombay, bawang putih. 
  2. panaskan wajan, masukan bumbu dan galangga, tumis bumbu sampai harum, 
  3. tuang air kaldu ayam, masukkan cabe kering dan tahu. 
  4. kasih kaldu jamur dan kecap asin. Jika perlu tambaha garam silahkan tapi saya kalau pakai kecap asin dan kaldu tidak pakai garam lagi. 
  5. masak sampai tahu empuk, jangan dibolak-balik karena tahu akan hancur,
  6. sebelum diangkat, beri larutan maizena dan masak sebentar. Taburi daun bawang, angkat.
  7. makan dengan nasi hangat. 

Comments

Popular Posts