Brothy Tomato & Fish Soup w/ Lime

 

Semalam saya memasak sup ikan untuk makan malam hari Jumat sambil menonton footy, Melbourne melawan Colingwood yang dimenangkan si magpie, tim saya kalah. Minggu depan tim saya akan melawan Calten yang hari ini menang atas Swan. Saya akan berhadapan dengan tim nya Sinyo. 

Beberapa hari yang lalu saya membeli ikan putih karena bosan makan daging. Saya putuskan membuat sup ikan karena cuaca dingin paling enak makan berkuah. Browsing di google dan mendapatkan resep ini kebetulan saya memiliki banyak tomat dan lemon yang saat ini sedang musimnya. Resep aslinya memakai bawang merah tapi saya cuma ada bawang bombay. Saya agak ragu awalnya karena seperti kurang bumbu, kalau orang Asia masak pasti banyak bumbu dan ini resep bule. Tapi hasil akhirnya sungguh enak. Pasti saya akan buat lagi sup ini untuk menghabiskan sisa tomat yang ada. Saya juga akan tambahkan jahe dan kunyit supaya rasanya lebih rich. 


BROTHY TOMATO & FISH SOUP WITH LIME

Ikan - saya pakai 2 ikan filet putih, potong terserah ukuran
3 buah tomat makang ukuran besar, blender kasar
1/2 bawang bombay
4 bawang putih
2 buah cabe, iris halus
1 buah sereh, keprek.
air secukupnya (atau air kaldu ayam jika ada)
1 - 2 sdm kecap ikan
garam, kaldu jamur, lada secukupnya
1/2 jeruk lemon
daun bawang, iris halus 

  1. haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe, Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan sereh sampai harum sekitar 5 menit. 
  2. masukkan tomat dan masak hingga mengeluarkan air dan hancur. Kira-kira 5 menit.
  3. tuang air secukupnya kira-kira 5 cup dan masak hingga mendidih. Kecilkan kompor masak hingga kaldu mengental dan airnya surut.
  4. masukkan ikan, garam, kaldu jamur dan lada. Masak hingga ikan matang kira-kira 4 menit. 
  5. tambahkan lemon, saus ikan. Cek rasanya jika kurang bumbu atau saus ikan bisa ditambahkan lagi. 
  6. sebelum diangkat dari kompor beri irisan daun bawang. Sajikan segera. 




Comments

Popular Posts