Oat and Date Crumbles Slice



Sudah bulan Oktober sebentar lagi Natal dan saya kepikiran mau buat Christmas Cake dengan dried fruits dan alcohol. Hmmm... belum pernah bikin sih tapi pasti enak. Dulu mama rasanya pernah buat. Ok I'll put it on in my bucket list.

Sementara ifu saya punya sisa kurma di lemari dapur, daripada cuma makan begitu saja saya memutuskan untuk membuat Oat and Date Crumbles Slice. Kue ini kesukaan mama saya dan sering minta dibuatin terutama saat bulan puasa karena kurma gampang didapat, di Indomaret depan rumah juga ada.  Sejak tinggal di Melbourne saya tidak pernah buat kue ini karena gak punya mixer dan belum mikir untuk beli 😅. 

Akhirnya resepnya saya rubah yang harusnya dikocok saya aduk-aduk saja seperti saat membuat Lemon Crumbles Slice tempo hari. Takarannya juga saya rubah disesuaikan dengan cup. Seperti biasa saya pakai gelas minum atau sama dengan cangkir  kopi. Kalau suka manis bisa menambahkan gula 1/4 cup saat membuat selai. Jadi dimasak bareng dengan kurma. Tapi karna saya gak suka manis dan saya rasa kurma memang sudah manis. Semanis saya ❤

Mari kita makan kue ditemani secangkir teh panas sambil nonton TV menikmati Sabtu yang mendung dan dingin. Happy Weekend. 

Jackie | Balaclava 




OAT AND DATE CRUMBLE SLICE

SELAI KURMA
  • 250 gram kurma
  • 1 cup air
  • 1 lemon/jeruk, parut ambil airnya


Buang biji dan potong kurma, Siapkan pot, masukkan kurma, air, parutan kulit lemon/jeruk. Masak hingga kurma lembut. Jika belum lwmbut dan air habis, tambahkan lagi air dan masak hingga benar-benar lembut. Jangan lupa beri perasaan air lemon. Matikan kompor dan biarkan dingin.

CRUMBLE:
  • 75 gram gula palem atau Brown sugar 
  • 1 cup terigu
  • 1 cup oat
  • 175 gram butter, cairkan di Microwave sekitar 50 detik. 

  1. Siapkan bahan. Saya pakai ukuran cup atau cangkir gelas. 
  2. Masukkan bahan kecuali oat.
  3. Aduk sampai tercampur.
  4. Masukkan oat
  5. Aduk menggunakan pisau dengan cara diitis menyilang
  6. Adonan akan menjadi berbutir-butir

ASSEMBLY:

1. Siapkan loyang yang telah dialasi kertas roti. Masukkan setengah bagian crumble menutupi dasar loyang
2. Dengan mengunakan kertas roti, tekan-tekan hingga padat.
3-4. Tuang selai diatasnya jangan langsung semuanya. Tutup crumble. Gunakan sisa selai berikan di bagian yang masih belum tertutup hingga seluruhnya tertutup dengan selai


5. Masukkan lagj sisa crumble menutupi selai. 
6-7. Tekan-tekan dibantu oleh kertas disamping2 nya sampai padat.
8. Panggang hingga berubah warna kekuningan.  Keluarkan dari oven
9. Biarkan dingin baru keluarkan dari loyang dan dipotong-potong. 

Comments

Popular Posts