Sayur Bayam Bening


Sejak beli bayam di Dandenong Market, tiap hari kita makan bayam! Kalau di supermarket bayam dijual dalam kemasan berisi 60 gram seharga $2 cukup untuk sekali masak. Sementara di Dandenong Market kita beli 1 ikat berisi tumpukan bayam cuma seharga $1.75 yang bisa kita masak tiap hari selama seminggu! Murah banget memang. Makan Bayam tiap hari supaya kita sehat seperti Popaye. 


Bening Bayam adalah sayur pertama yang saya pelajari 😉 karena gampang sekali cuma iris bawang dll trus dicemplungin di air mendidih. Bayam dimasukkan belakangan kalau sudah mau makan dan masaknya juga cuma semenit atau dua menit saja, sekedarnya saja asal jangan kelamaan biar tidak blenyek. Kalau punya bawang goreng bisa ditabur diatasnya. 

Saya pakai jagung dan wortel frozen jadi dimasukan belakangan tapi kalau pakai jagung dan wortel fresh bisa dimasukkan bersamaan dengan bawang dan tomat jadi bisa empuk karena dimasak lebih lama.

Kalau di Indonesia masak sayur bayam pasti pakai bumbu masak kunci, disini saya tidak pakai karena memang bumbu masak excotic seperti itu susah didapat. Bahkan tidak semua tempat menjual lengkuas, beda dengan jahe atau kunyit lebih mudah didapat. Kencur? walah gak ada itu. Jadi kalau saya masak dan bumbunya tidak sama seperti di Indonesia karena memang sulit mendapatnya jadi disesuaikan saja dengan ketersediaan bahan disini. 

Jackie | Balaclava



SAYUR BENING BAYAM

Bayam secukupnya
1/2 Tomat ukuran besar atau 1 buah jika ukuran tomat kecil
3 bawang merah atau 1/2 bawang merah ukuran besar (saya pakai bawang besar)
1-2 cabe jika suka
jagung dan wortel secukupnya (jika ada)
kaldu jamur/garam dan lada secukupnya

  1. Siapkan bahan: cuci bayam, jika mengunakan jagung utuh bisa dipipil atau dipotong 2 atau 3 bagian. Iris cabe, bawang merah, iris tipis tomat, potong wortel kotak kecil biar gampang empuk.
  2. Panaskan pot berisi air, masak hingga mendidih. Masukkan bawang merah, tomat, cabe, jagung dan wortel.
  3. Masak hingga wortel dan jagung empuk. Beri kaldu jamur/garam lada.
  4. Masukkan daun bayam, aduk supaya tercampur kira-kira 1 menit dan segera angkat.

Comments

Popular Posts