Tumis Ayam Suwir

 


Long weekend. Sabtu sore pulang dari Dandenong Market, kami keluar rumah lagi cari makan untuk dinner karena saya malas masak. Dapur ditutup dulu. Masuk ke Woolis untuk beli susu dan roti. Di rak makanan ada 1 ekor ayam oven yang harganya di discount dari $13 jadi $4. Murah banget. Disini kalau menjelang malam makanan bisa turun harga daripada rusak. Ayamnya dalam keadaan hangat. Buru-buru pulang dan makan ayam oven untuk dinner malam itu.

Besoknya masih ada sisa banyak ayam yang belum dimakan. Bayangkan 1 ekor dan besar banget ayamnya. Akhirnya saya olah lagi ditumis pakai segala macam bumbu dan jadilah ayam tumis yang pedes untuk makan siang kami di hari Minggu yang cuaca nya sangat panas tembus 30°C.

Kalau tidak punya sisa ayam bisa rebus ayam filet sampai matang lalu disuwir/dicabik.

Jackie | Balaclava



TUMIS AYAM SUWIR

Ayam - bisa sisa ayam goreng/ayam bakar. Suwir-suwir.
Atau jika tidak punya sisa ayam bisa merebus 1 filet ayam sampai matang kemudian baru di suwir-suwir. Jika suka, ayam bisa dipanggang sebentar sampai warnanya berubah kecoklatan.

3 daun jeruk
2 daun salam
1 buah Tomat ukuran besar, haluskan
1 buah serai, keprek. Potong bagi 2 atau 3
1 daun bawang, iris halus
Bumbu masak (kaldu jamur)
Lada
Garam

Haluskan bumbu:
7 Bawang merah
3 Bawang putih
3 Cabe
Seruas jahe
Seruas Kunyit
2 kemiri
  1. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun Salam dan serei sampai bumbu harum. Aduk- aduk supaya tidak gosong.
  2. Masukkan tomat yang telah di blender. Aduk lagi supaya tercampur.
  3. Masukkan ayam, beri kaldu jamur, lada dan garam (aku gak pakai, kalau mau makan aja tambahin garam sendiri menurut ku kalau pakai kaldu sudah berasin he hehe)
  4. Aduk supaya tercampur rata. Sebelum diangkat taburi dengan daun bawang. Angkat dan sajikan.

Comments

Popular Posts