Ayam Bakar Rica


Sinyo suka sekali makan sayap ayam sementara saya suka dada ayam tapi disini kebanyakan dada ayam berupa filet; Biasanya ayam saya bakar dengan bumbu BBQ namun kali ini saya pakai bumbu pedes rica yang saya copy dari resep andalan saya - Om Buds! 

Diresep itu, om Buds memberi nama Ayam Perancis Bakar diatas Bara Api.  Saya agak bingung kenapa diberi nama itu, mungkin karena pakai paha ayam jadi disebut ayam Perancis, entah lah.  Menurut saya nama Ayam Bakar Rica lebih tepat karena pakai cabe yang banyak banget.  Apapun nama makanan ini, resep om Buds tidak pernah gagal bahkan untuk pemula seperti saya dan rasanya enak sekali karu! Minggu ini memang masih om Buds' week.

Jackie | Balaclava

AYAM BAKAR RICA

Haluskan:
  • 10 cabe merah,
  • 4 bawang putih
Bahan lainnya:
  • 1 ekor ayam
  • 10 bawang merah, iris halus
  • 1 lembar daun pandan
  • 100 gram gula merah
  • 3 tomat, potong-potong
  • garam dan kaldu jamur secukupnya
  • air panas kira-kira 200 ml
  1. panaskan minyak banyak di wajan, masukkan bawang merah dan tumis sampai wangi.
  2. masukkan bumbu halus bawang putih dan cabe, masak rata masak sampai merah dan wangi
  3. masukkan potongan tomat, masak kembali
  4. masukkan daun pandan, masak kembali
  5. tambahkan garam dan kaldu jamur, campur rata dan masak sampai tomat mengering
  6. masukkan potongan ayam, aduk rata sampai ayam terendam bumbu.
  7. tambahkan sedikit air panas, aduk rata. Tutup wajan dan masak kira-kira 10 menit sampai ayam empuk
  8. bolak balik ayam pastikan terendam bumbu. Tutup lagi wajan dan masak lagi kira-kira 10 menit.
  9. masukkan gula merah dan aduk rata lagi. Tutup kembali wajan.
  10. setelah ayam empuk, angkat. Sisihkan.
  11. masak kembali sisa bumbu di wajan sampai sedikit kering. Pisahkan minyak dan bumbunya. Minyak untuk memanggang sementara bumbu untuk topping ayam nanti.
  12. siapkan oven atau panggangan. Panggang ayam dan beri minyak kedua sisinya. 
  13. Angkat dan beri topping bumbu pada ayam bakar tadi.

Comments

Popular Posts