Siomay Ayam


Tinggal jauh dari Indonesia membuat saya selalu kangen makanan Indonesia yang sering saya beli saat disana. Siomay!! Saya kangen makan siomay bang ... yang mangkal di deket Jalan Baru Depok Timur. 

Saya mulai mencari resep siomay yang gampang tapi enak dan menemukan resep siomay ayam dari Devina Hermawan. Setelah saya coba ternyata enak banget jauhhhhh lebih enak dari yang saya beli di Depok bahkan lebih enak dari yang makan di Melbourne sini dan membuat sendiri lebih murah dan puas memakannya. Kalau beli 1 porsi harganya $15 atau 150ribu rupiah dan cuma dapat 8 potong sementara kalau buat dengan duit segitu bisa dapat banyakkkkk banget. 

Saya tidak membuat saus kacangnya karena saya pakai bumbu kacang kredok/gado-gado dan saya cairkan dengan air lalu saya tambahkan cabe, selai kacang dan kecap. itu aja simple.  Oya sudah 3x saya membuat siomay dengan resep ini.  Supaya tidak lupa resepnya saya tulis disini... credit goes to Devina Hermawan. 

Dari Balaclava kota cantik ditepi pantai St. Kilda yuk kita makan siomay.
Jackie.





SIOMAY AYAM

500 gram ayam filet 
90 gran labu siam
2 sdt garam
2 sdm gula pasir
2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica
1 butir putih telur
1 sdm kecap ikan
1 sdm bawang putih halus
3 batang daun bawang
3 sdm minyak goreng
100-150 ml es batu atau air es
220 gram tepung tapioka
40 gram tepung terigu protein sedang

  1. Parut halus labu siam, kemudian peras dan ambil ampasnya
  2. iris halus daun bawang, lalu goreng dengan minya sebentar dan sisihkan
  3. food prosessor: masukkan setengah filet ayam, bawang putih halus, garam, gula pasir, kaldu bubuk dan merica. Proses sampai halus. 
  4. masukkan sisa ayam, es batu, putih telur dan kecap ikan haluskan kembali.
  5. tuang dalam mangkok dan masukkan labu siam, daun bawang beserta minyak, tepung terigu dan tepung tapioka. aduk rata.
  6. siapkan kukusan dan olesi minyak. Bentuk bulat adonan dan masukkan ke kukusan yang sudah panas.
  7. kukus sampai matang. Angkat dan sajikan dengan saus kacang. 



Comments

Popular Posts