Breneboun Soup


I love Sundays. The day of worship with God. The perfect way to start the day. We have decided to stay home and make a home-cooked meal. Just rest and relaxation. What is your day going to be? No matter what you do, make it full of love, joy and happiness. 

Breneboun soup atau Bruine Bonensoep asalnya adalah kuliner dari Belanda yang artinya sup kacang merah. Selain di Belanda, makanan ini juga terkenal di Indonesia bagian Timur yang diadopsi oleh masyarakat disana dimasa penjajahan Belanda selama 350 tahun. 

Resep ini saya ambil dari youtube nya tante Sintha Gantare dengan judul Brenebon Asli Manado. Ini adalah kesekian kalinya saya memasak Breneboun pakai resep tante Sintha Gantere. Sempat tidak yakin kok resep ini tidak pakai bawang merah, putih atau bombay yah tapi gak ada salahnya mencoba. Tau gak? ternyata enakkkkkkk asli enak banget sama seperti biasa da makang di rumah. Mama biasa pesan dari tante Tari. Percis banget. Saya pakai daging Babi dan dimasak sampai kental dan kacang merah pecah dan kuahnya menjadi kental jangan cair yah karena breneboun dari manado atau Ambon itu harus kental. Mantap!!!

Mari jo makang,
Jackie - Balaclava

BAHAN DAN CARA MEMASAKNYA

300 gram breneboun direndam semalaman - saya breneboun kaleng
2 batang daun bawang, iris halus
3 batang seledry, iris halus
5 buah cengkeh
pala bubuk
1/4 bagian ayam - saya daging Ba telah direbus sebelumnya sampai empuk
garam, merica, kaldu bubuk secukupnya
bawang goreng untuk taburan
air

  1. Dalam panci berisi air, masak breneboun dan daging ba sampai empuk. Kalau memakai daging babi masak dulu sampai empuk baru dimasak kembali dengan breneboun supaya makin empuk baik daging dan kacang merahnya, Saya memakai kacang kalengan yang sudah empuk jadi saya masak bersama daging tidak terlalu lama. 
  2. Masukan cengkeh, bubuk pala, merica masak kembali sampai breneboun bener-bener empuk dan pecah dan bumbu meresap di daging. 
  3. masukan garam dan kaldu jamur.  Aduk rata. 
  4. setelah sudah benar-bener mengental masukan setengah daun bawang dan daun seledri. Sisakan untuk taburan.
  5. Angkat dan sajikan.


Comments

Popular Posts