Ayam Goreng Jahe


Pagi hari saya pergi ke supermarket dan membeli sayap ayam untuk menu makan malam. Rencananya ingin dibuat ayam goreng setelah melihat vlog Yenni di Cina banyak sekali pembeli lokalnya yang suka ayam goreng Indonesia yang berempah. Malamnya saat mau masak saya dilema karena banyak bahan ternyata yang saya tidak punya seperti lengkuas, sereh dll. Putar otak dan mulai mencari resep lainnya di cookpad. Bikin ayam goreng jahe aja deh, penasaran juga rasanya soalnya gampang dan sepertinya enak.

Ternyata beneran enak, suami saya menghabiskan semua 1/2 cup beras yang saya masak. Lega deh :) 

Dari Balaclava kota cantik ditepi pantai St. Kilda selamat menikmati weekend.
Jackie. 




AYAM GORENG JAHE

2 ekor ayam kampung ukuran kecil - saya cuma 7 sayap ayam
300 gram jahe, iris korek api - saya cuma punya sejempol jahe
5 siung bawang putih, geprek
2 sdn kecap asin/kecap ikan
1 sdt merica

Bahan Saus:
3 sdm kecap manis
3 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
200 ml air

  1. Cuci ayam dan marinasi dg merica dan 2 sdm kecap asin. Sisihkan. Diamkan minimal 15 menit. 
  2. Jahe digoreng kering seperti bawang goreng. Sisihkan
  3. Pakai minyak bekas menggoreng jahe, goreng ayam sampai matang. Sisihkan
  4. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan kecap asin, kecap manis, saus tiram dan jahe goreng. Tumis sebentar lalu tuang air. Aduk hingga saus mendidih
  5. Masukkan ayam goreng ke dalam saus. Aduk rata. Sajikan

Comments

Popular Posts