Fuyunghai Saus Mentega

 


Hi Everyone. A mother is our first love story. Mothers hold their children's hands for awhile, but their hearts forever. Mother's love is the impulse that allows a human being to reach the impossible. 
Hari ini adalah Mother's day. Saya senang karena mendapat pesan dari Robert dan Meishia yang mengucapkan selamat hari ibu untukku. Selamat hari ibu untuk mama di surga... walau selalu saja kami cekcok dan gak sepaham tapi mama adalah pendoa terbaik yang pernah kumiliki. 

Minggu siang pulang dari mencuci baju kami kelaparan 😀 biasanya hari libur kami makan diluar tapi kemarin kita sudah makan bareng teman Indonesia di City jadi saya pikir hari ini kita makan dirumah saja. Sinyo minta dadar telur dan ikan aja. Dadar Telur bosan! 

Saya teringat melihat youtube dari Willgoz membuat Fu Yung Hai tapi sausnya mentega dan sepertinya enak. Ini adalah pertama kalinya saya membuat Fu Yung Hai. Saya pernah membaca makanan ini susah gampang dibuatnya banyak pula yang menulis anti gagal. Hm... Saya ikuti step by step apa yang dibilang di youtube nya. Jadi deh!!!! Sinyo bilang ini enak! Walau saya tidak pakai ayam, udang dan kol tapi percaya deh tetap enak. Sayang nya saus mentega saya buat kurang banyak tapi saya tetap happy, besok-besok kalau buat lagi saya akan banyakin saus menteganya. Credit goes to Willgoz

Have a relax Sunday. 
Jackie - Balaclava

FU YUNG HAI SAUS MENTEGA

80 gram ayam filet, cincang -  saya tidak pakai
80 gram udang kupas, cincang -  saya tidak pakai
2 batang daun bawang, iris halus
1/4 kol, iris halus - saya tidak pakai
1 wortel, parut kasar
4 telur - 2 telur
5 sdm tepung beras - 3 sdm tepung beras
5 sdm tepung terigu - 3 sdm tepung terigu
5 sdm tepung maizena - 3 sdm tepung maizena
garam, pala bubuk, kaldu jamur

Resep Saus Mentega Manis:
3 siung bawang putih, iris halus
1/2 bombay, iris
3 buah cabe, iris halus
2 sdm margarine
1 sdm sambal botol
3 sdm kecap inggris
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
garam, lada, dan kaldu jamur secukupnya
  1. Dalam mangkok campur dan aduk rata: ayam, udang, daun bawang, wortel, telur, tepung beras, tepung terigu, maizena, garam, lada bubuk, kaldu jamur
  1. Panaskan wajan dengan minyak banyak. tuang adonan masak sampai kedua sisi matang. angkat
  1. potong bagi 4 telur, jangan kaget kadang bagian tengah masih basah. Goreng kembali sampai bagian tengah kering dan matang. angkat.
  1. Saus Mentega: Masukan mentega, tumis bawang bombay sampai harum masukkan bawang putih tumis, cabe, beri sambal, kecap manis, kecap inggris, saus tiram, gula, lada dan kaldu jamur. Aduk rata. Angkagt.
  1. Penyajian: tuang saus diatas telur. Sajikan segera.

Comments

Popular Posts