Onde Onde Manado

 

Semalam saya mencoba membuat Onde-onde, simple coz we run out of bananas, couldn't make Pisang Goreng. Setiap sore harus ada kudapan diatas meja sebelum makan malam. Sudah rutin jadi kalau gak ada pasti dicariin.

Saya ingat sempat melihat resep Onde-onde di youtube nya tante Sintha Gantare dan semua bahannya ada dirumah jadi itulah cemilan kita untuk kemarin sore. Onde Onde Manado berwarna putih tidak tidak berwarna hijau diisi gula merah dan dibalur kelapa parut.

Saya hanya membuat sedikit saja kira2 100 gram namun saya tetap tulis resep yang originalnya supaya kalau mau buat lagi dengan takaran beda tinggal liat aja.

Kelapa parut saya pakai yang dijual kemasan, disini gak ada kelapa utuh dan diparut. Kalau buat yang di Indonesia, tantenya sarankan jika beli dipasar yang diparut sebaiknya dikukus dulu tapi kalau parut sendiri tidak perlu. Lagipula sebelum basi, onde-onde pasti sudah habis.

Onde-onde enak dan teh hangat untukku.

Jackie | Balaclava


BAHAN DAN CARA MEMBUATNYA

  • 250 gram tepung ketan
  • 400 ml air - air bisa kurang atau lebih tergantung tepungnya, beda merek beda kadar airnya. 
  • 100 gram (kurang lebih) gula merah, diserut - saya gula palem
  • kelapa parut secukupnya
  • air rebusan
  • 1 lembar daun pandan

  1. dalam mangkok berisi tepung ketan beri air sedikit demi sedikit sambil diulenin, saya awalnya pakai spatula. Tambahkan air dan terus ulenin hingga tidak menempel ditangan.
  2. panaskan air dipanci dan beri daun pandan. Rebus hingga mendidih. Saat sudah mendidih, daun pandan bisa diangat. 
  3. bentuk bulat adonan dan beri isian gula merah ditengahnya. 
  4. cemplung ke dalam panci jika sudah mengapung berarti sudah matang.
  5. angkat dan taruh di piring berisi kelapa parut dan gulingkan sampai tertutup kelapa. Sajikan segera. 

Comments

Popular Posts