Nasi Goreng Jackie


Tiap pagi saya menyediakan sarapan berupa roti bakar - Tomato Cheese Sandwich, Egg Sandwich atau nasi goreng untuk Sinyo. Resep Roti bakar pernah saya upload sebelumnya, roti dengan isian keju dan tomat. Enak. Sementara nasi goreng selama ini cuma pakai bumbu instant saja. 

Tapi pagi ini saya ingin menbuat nasi goreng dengan bumbu yang berbeda. Saya sebagai tukang masak bosan juga memasak nasi goreng dengan bumbu jadi walaupun tegtap ditambah bawang merah, bawang putih dan cabe tapi rasanya begitu-begitu saja. Maka jadilah nasi goreng ini dengan bumbu yang saya reka-reka sendiri. 


Ini adalah nasi goreng untuk 1 porsi jadi telur yang diceplok cuma 1 sementara sisanya saya dadar untuk ditabur diatasnya. Sinyo suka kalau ada irisan telur dadar diatas nasi goreng. Kalau untuk 2 porsi, butuh 2 telur untuk dicampur dengan bumbu. Sinyo gak terlalu suka dengan saus tiram maka nasi goreng ini tidak memakai saus tiram tapi kalau saya masak untuk diri sendiri pasti saya tambahkan 😂. Walau tanpa saus tiram tapi nasi goreng ini enak loh. Layak dicoba.

Selamat Makan.
Jackie | Balaclava
 
1 piring nasi
2 butir telur 
3 siung bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, iris halus
1 batang daun bawang - pisahkan bagian putih dan hijau, iris halus 
5 cabe, iris halus
1/2 sdm kecap asin
2 sdm kecap ikan
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram - saya tidak pakai karena ini untuk Sinyo
merica dan kaldu jamur secukupnya
minyak untuk menumis
bawang goreng untuk taburan

  1. Panaskan pengorengan dan dadar 1 telur, angkat dan iris untuk topping
  2. Panaskan pengorengan lagi dengan api besar, tuang minyak lalu orak arik telur hingga kering.
  3. masukan bawang merah dan bwang putih lalu tumis hingga wangi
  4. masukkan kecap ikan, daun bawang putih dan cabe. Tumis sebentar
  5. masukkan nasi, kecap asin, kecap manis, merica, kaldu jamur dan saus tiram kalau pakai. Aduk rata.
  6. sebelum diangkat, masukkan daun bawang bagian hijau dan aduk rata. Angkat dan sajikan dengan irisan telur dadar dan bawang goreng.

Comments

Popular Posts